Bupati Hartopo : Silaturahmi Dapat Perkuat Sinergi

 12-05-2023 08:47 WIB by Admin  148x    News

KUDUS - Raut wajah penuh kebahagiaan terlihat kala Bupati Kudus Hartopo berjabat tangan dengan seluruh aparatur pemerintah desa dan kecamatan dalam acara silaturahmi bersama yang diselenggarakan pemerintah desa se-Kecamatan Dawe di Gedung Serbaguna, Desa Kandangmas, Kamis (11/5).
 
Hadir pula dalam kesempatan tersebut, Asisten II Sekda Kudus, Kepala Dinas PMD, Camat dan Forkopimcam Dawe, Kades dan BPD se-Kecamatan Dawe, serta undangan lainnya.
 
Mengawali sambutannya, Bupati Kudus Hartopo menghaturkan permohonan maaf lahir dan batin, mengingat momentum tersebut diselenggarakan bertepatan dengan bulan Syawal. Dirinya menyadari masih banyak kesalahan dan kekhilafan baik yang disengaja maupun tidak, terkait sikap, lisan, maupun kebijakan yang dianggap dapat menimbulkan pro dan kontra di masyarakat.
 
"Momentum baik ini saya pribadi mengucapkan terima kasih karena silaturahmi ini saya turut serta diundang. Tentunya, saya atas nama pribadi dan kepala daerah juga mengucapkan minalaidin walfaizin, mohon maaf lahir dan batin atas segala tutur kata, perbuatan, bahkan sampai kebijakan yang saya ambil," ucapnya.
 
Hartopo berpesan pada seluruh undangan yang hadir untuk dapat memanfaatkan datangnya bulan Syawal dengan saling bermaaf-maafan atau yang sering disebut dengan tradisi halalbihalal. Menurutnya, halalbihalal dapat dijadikan cerminan bagi setiap orang untuk tidak sungkan mengakui kesalahan yang dilakukan dengan meminta permohonan maaf terlebih dahulu pada yang bersangkutan.
 
"Momen ini, semua orang merasa dirinya salah, tidak ada yang benar. Terbukti dengan saling mendahuluinya untuk meminta maaf. Tentu bisa dijadikan cerminan dan pedoman setiap harinya untuk tidak sungkan mengakui jika bersalah," pesannya.
 
Untuk itu, dirinya memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini. Hartopo menilai jika jalinan silaturahmi yang baik dapat memperkuat sinergi antar aparatur dalam meningkatkan pelayanan pada masyarakat.
 
"Apresiasi atas kegiatan ini, silaturahmi yang baik dapat memperkuat sinergi dalam memberikan pelayanan pada masyarakat," terangnya.
 
Sementara itu, Famny Dwi Arfana Camat Dawe mengungkapkan bahwa penyelenggaraan acara silaturahmi sekaligus halalbihalal dapat terwujud berkat adanya kekompakan seluruh aparatur desa se-Kecamatan Dawe sehingga terjalin hubungan yang harmonis.
 
"Kegiatan ini tak lepas dari kekompakan dan sinergisitas pemerintah desa se-Kecamatan Dawe, sehingga dapat terwujud kegiatan saat ini," ungkapnya.
 
Dengan bermodalkan kekompakan dan sinergi baik yang selama ini telah terjalin, rencananya Kecamatan Dawe akan mengagendakan bimbingan dan pelatihan (bimtek) untuk aparatur pemerintah desa se-Kecamatan Dawe dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia sehingga mampu meningkatkan pelayanan publik yang semakin baik.
 
"Kita juga akan agendakan bimtek untuk aparatur pemdes se-Kecamatan Dawe. Diharap, dengan agenda tersebut dapat meningkatkan kualitas SDM kita," katanya.
 
Terakhir, mewakili Kecamatan Dawe, pihaknya memohon maaf atas segala kesalahan yang diperbuat selama menyelenggarakan pemerintahan baik tingkat kecamatan hingga tingkat desa.
 
"Semoga acara ini membawa keberkahan bagi kita semua sehingga jalinan silaturahmi dan sinergi selalu terjalin harmonis. Atas nama pribadi dan instansi, kami memohon maaf atas kekhilafan selama ini," pungkasnya.
 
Di lain sisi, sebagai ketua panitia, Aris Listiyanto yang juga sebagai Kades Dukuhwaringin mewakili pemdes se-Kecamatan Dawe juga menghaturkan ucapan maaf lahir dan batin dalam momentum tersebut kepada seluruh undangan yang hadir.
 
"Mewakili pemdes se-Kecamatan Dawe, kami mengucapkan mohon maaf lahir dan batin jika ada salah selama ini," ucapnya.
 
Dirinya berharap, jalinan silaturahmi dan sinergi antar aparatur pemerintah selalu dijaga dengan baik sehingga tidak punah meski adanya keterbatasan waktu dalam pengabdian.
 
"Semoga jalinan silaturahmi ini dapat dijaga dengan baik dan jangan sampai punah," harapnya. (*)