Buka Bimtek Aparatur Pemerintah Desa, Bupati Inginkan Peningkatan Kapasitas

 15-09-2023 07:33 WIB by Admin  90x    News

Hartopo : Agar Semakin Paham Tupoksinya
 
KUDUS - Desa merupakan indikator pembangunan daerah maupun nasional. Jika penyelenggaraan pelayanan publik di desa baik, maka pemerintah daerah hingga pusat akan ikut terbawa baik citranya. Oleh karena itu, penyelenggaraan pelayanan publik di desa harus dapat dikelola dengan benar. Begitulah pesan Bupati Kudus Hartopo saat membuka Bimtek Aparatur Pemerintah Desa se-Kecamatan di dua lokasi berbeda antara Kecamatan Jekulo dan Kecamatan Dawe, Sabtu (9/9).
 
"Hal ini tentu membutuhkan kerjasama yang baik antara kepala desa dan perangkat desa dalam penyelenggaraan pelayanan publik" pesannya.
 
Hartopo meminta penyelenggara pelayanan publik di desa harus benar-benar memahami tugas dan fungsinya masing-masing. Untuk itu, pihaknya memberikan apresiasi atas terselenggaranya pelatihan peningkatan kapasitas perangkat desa se-Kecamatan ini.
 
"Saya ingin kegiatan ini dapat bermanfaat untuk peningkatan kapasitas, sekaligus membangun koordinasi dan komunikasi antara kepala desa dan perangkatnya," ungkapnya.
 
Dikatakannya, kegiatan bimtek yang dilaksanakan juga dapat memberikan pengetahuan dan pemahaman terkait penyusunan perencanaan pembangunan desa dan pengelolaan keuangan serta aset desa. Dengan demikian, persoalan administrasi akan berjalan tertib sehingga dapat menghindarkan diri dari permasalahan hukum.
 
"Semoga kepala desa dan perangkat desa semakin memahami aturan yang berlaku sehingga pembangunan desa berlangsung tertib dan cepat," harapnya.
 
Memasuki tahun politik, pihaknya mewanti-wanti agar aparatur desa selalu menjaga kondusifitas wilayah dengan tidak menunjukkan keberpihakan yang dapat memecah belah kekompakan dan keharmonisan dalam penyelenggaraan pelayanan publik.
 
"Kondusifitas wilayah harus terus dijaga. Jangan sampai kekompakan dan keharmonisan terpecah belah sehingga berdampak pada pelayanan publik," imbaunya.
 
Terakhir, sebelum memasuki purna tugas, Bupati Hartopo mengucapkan terimakasihnya pada seluruh aparatur desa yang selama ini telah membantu dirinya dalam penyelenggaraan pemerintahan dengan penuh dedikasi dan loyalitas tinggi. Pihaknya juga meminta maaf atas segala sikap, perbuatan, dan kebijakan yang dianggap kurang berkenan.
 
"Terimakasih selama ini panjenengan sudah membantu pekerjaan saya dengan penuh dedikasi dan loyalitas. Mohon maaf atas segala sikap, perbuatan, dan kebijakan saya yang dianggap kurang berkenan," pungkasnya.
 
Sebagai informasi, pelaksanaan Bimbingan Teknis Aparatur Pemerintah Desa se-Kecamatan Jekulo dilaksanakan di Aula Kecamatan Jekulo, sementara Bimbingan Teknis Aparatur Pemerintah Desa se-Kecamatan Dawe dilaksanakan di Hotel @Hom Kudus. Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Ketua DPRD Kudus, Inspektur Kabupaten Kudus, Plt. Kepala Dinas PMD Kudus, Camat Jekulo dan Camat Dawe. (*)