Manfaatkan Momentum Hari Jadi Kudus, Bupati Dorong UMKM Lokal Naik Kelas

 18-09-2023 15:30 WIB by Admin  50x    News

Hartopo : UMKM Sebagai Penopang Perekonomian
 
KUDUS - Beralihnya pandemi covid-19 menjadi endemi dimanfaatkan Pemerintah Kabupaten Kudus untuk terus memacu pertumbuhan ekonomi daerah. Salah satunya dengan memanfaatkan momentum Hari Jadi Kabupaten Kudus ke-474 dengan menggelar Kudus Ekonomi Kreatif Expo 2023 sebagai bentuk dorongan terhadap perkembangan pelaku UMKM. Hal itu disampaikan Bupati Kudus Hartopo saat membuka kegiatan tersebut di Alun-alun Simpang Tujuh Kudus, Sabtu (9/9).
 
"Pandemi telah jadi endemi, saatnya kita pacu pertumbuhan ekonomi. Salah satunya melalui dorongan terhadap pelaku UMKM agar naik kelas sebagai penopang ekonomi daerah hingga pusat," ungkapnya.
 
Apresiasi diberikan Hartopo atas terselenggaranya Expo ini. Pihaknya meminta gelaran event tersebut dapat dimaksimalkan sebagai sarana memperkenalkan serta mempromosikan potensi dan produk UMKM lokal agar semakin dikenal oleh masyarakat luas.
 
"Harus dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk mempromosikan produknya, baik secara online maupun offline sehingga dapat dikenal masyarakat luas," pintanya.
 
Hartopo menuturkan, keberadaan UMKM di Kabupaten Kudus yang terus bertambah membuat pemerintah berupaya semaksimal mungkin melakukan pendampingan dan pembinaan pada pelaku UMKM agar dapat terus dipacu perkembangannya.
 
"UMKM kita sudah maju pesat, sebelum pandemi hanya kisaran 10 ribu pelaku usaha. Setelah kita inventarisasi saat ini justru naik mencapai 18 ribu lebih pelaku usaha, akan terus kita dampingi perkembangannya," ujarnya.
 
Pihaknya berpesan agar pelaku UMKM dapat terus berkreasi dan berinovasi untuk menghasilkan produk-produk unggulan sebagai ciri khas yang ada di Kabupaten Kudus.
 
"Terus semangat dalam berkreasi dan berinovasi demi kemajuan UMKM di Kudus," pesannya.
 
Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Siti Mutrikah berharap dengan digelarnya seluruh rangkaian acara peringatan Hari Jadi Kabupaten Kudus selama berhari-hari, termasuk kegiatan Kudus Ekonomi Kreatif Expo 2023 dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Kabupaten Kudus.
 
"Dengan adanya seluruh rangkaian hari jadi Kudus, kami berharap adanya jumlah peningkatan wisatawan yang datang tidak hanya sehari. Selain itu juga dapat meningkatkan jumlah pembelanjaan," harapnya.
 
Dirinya menjelaskan, terdapat 50 stand yang disiapkan untuk ditempati oleh para pelaku UMKM dan ekonomi kreatif serta subsektor yang terdiri dari pelaku seni pertunjukan, fotografi, kuliner, dan pelaku seni kriya.
 
"Selain ada 25 desa wisata yang terdiri dari UMKM dan ekonomi kreatif, juga ada bagian dari subsektor yang harus dieksplore untuk menunjukkan eksistensinya," jelasnya. (*)