Ringankan Beban Masyarakat, Pj. Bupati Kudus Salurkan Bantuan CPP

 07-02-2024 07:51 WIB by Admin  69x    News

KUDUS - Penjabat Bupati Kudus Muhamad Hasan Chabibie menyerahkan bantuan beras Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) di Balai Desa Prambatan Lor, Kaliwungu, Jumat (2/2). Hasan menyampaikan bantuan dari Badan Pangan Nasional (BAPANAS) bertujuan meringankan beban masyarakat dalam menyediakan bahan makanan untuk keluarga.  
 
"Bantuan ini sebagai wujud Negara hadir untuk meringankan beban masyarakat. Terlebih harga beras yang saat ini tidak stabil," ujarnya.
 
Pj. Bupati menerangkan penyaluran kepada seluruh keluarga penerima manfaat (KPM) ditargetkan selesai akhir minggu ini. Pihaknya juga berpesan kepada kepala desa untuk dapat memantau penyaluran beras di masing-masing wilayah.
 
"Akhir minggu ini kita selesaikan. Semoga sedikit banyak bantuan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat," tuturnya. 
 
Camat Kaliwungu, Satria Agus Himawan, menyampaikan terdapat 6.432 KPM se-Kecamatan Kaliwungu. Penyaluran telah berlangsung di 15 desa sejak hari ini hingga besok, Sabtu (3/2). Penerima bantuan di Desa Prambatan Lor sebanyak 517 KPM.
 
"Kami sudah mulai menyalurkan bantuan sejak pagi. Insyaallah sampai besok. Alhamdulillah sejak tadi pagi lancar," jelasnya.
 
Selanjutnya, penyaluran bantuan secara simbolis dilakukan di Balai Desa Megawon, Kecamatan Jati. Hasan mengingatkan sekaligus mengajak masyarakat bersyukur atas rezeki yang didapatkan dengan berselawat agar berkah.
 
"Diselawati bersama semoga membawa keberkahan. Apapun rezeki yang kita dapat, banyak sedikitnya, sudah sepatutnya kita syukuri," pesannya.
 
Pihaknya mengajak masyarakat tertib saat penyaluran beras 10 kg. Hasan meminta penyaluran berjalan kondusif.
 
"Mohon untuk tertib dan tidak berebut Nggih, Pak, Bu," imbuhnya.
 
Camat Jati, Fiza Akbar, menjelaskan 
Kecamatan Jati mendapatkan jatah bantuan beras dari pemerintah sebanyak 6.175 KPM. Masing-masing penerima mendapat 10 kg beras per bulan selama 6 bulan ke depan. Sementara penerima bantuan di Desa Megawon sebanyak 324 KPM.
 
"Kami akan terus meninjau penyaluran berjalan baik dan kondusif," ucapnya.
 
Mbah Karsi, warga Desa Megawon berterima kasih atas bantuan beras 10 kg dari pemerintah. Ia menjelaskan bantuan yang diterima meringankan beban, sebab harga beras beberapa waktu terakhir melambung.
 
"Alhamdulillah, bisa untuk memenuhi kebutuhan keluarga," ungkapnya. (*)