Pj. Bupati Kudus Pererat Koordinasi untuk Bantu Atasi Banjir Demak

 20-02-2024 15:25 WIB by Admin  372x    News

KUDUS - Sinergi kemanusiaan dibutuhkan dalam menangani banjir di Kabupaten Demak. Penjabat Bupati Kudus Muhamad Hasan Chabibie menegaskan Pemerintah Kabupaten Kudus siap membantu mengatasi banjir. Hal itu diungkapkan saat berkoordinasi dengan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto usai meninjau lokasi banjir Demak di Dukuh Tanggulangin, Senin (12/1).
 
"Kami siap membantu mengatasi banjir utamanya dalam mengevakuasi dan menampung pengungsi," paparnya.
 
Pihaknya bersama Forkopimda Kabupaten Kudus menyatakan gabungan relawan tak kenal lelah mengevakuasi pengungsi. Hasan mengupayakan agar makanan, pakaian, selimut, dan obat-obatan bagi pengungsi terpenuhi.
 
"Kami berupaya agar kebutuhan pengungsi terpenuhi. Kami dibantu relawan yang terus semangat mengevakuasi pengungsi," imbuhnya.
 
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto menegaskan koordinasi aktif antara Pemerintah Kabupaten Demak dan Kabupaten Kudus terus diperkuat. Sebab, pemenuhan kebutuhan pengungsi adalah prioritas utama.
 
"Semua yang terlibat harus bahu-membahu memenuhi kebutuhan dasar pengungsi. Mulai dari makanan hingga pelayanan kesehatan," terangnya.
 
Suharyanto menjelaskan akan membentuk posko pengungsian terpusat. Sehingga tidak ada lagi posko pengungsian kecil dari tenda sederhana yang tersebar di berbagai titik. Beberapa bantuan dari BNPB juga telah diberikan seperti bahan makanan, tenda besar, tenda keluarga, genset, perahu dan pompa air.
 
"Saat ini tidak ada jalur evakuasi yang susah, tapi masih banyak titik-titik pengungsian kecil dari tenda terpal yang dibangun warga Demak. Itu mau kami pusatkan ke posko pengungsian dengan tenda yang lebih besar dan manusiawi," paparnya.
 
Rapat koordinasi yang lebih komprehensif dilanjutkan di Pendapa Kabupaten Kudus. Pj. Bupati Kudus berdiskusi dengan perwakilan BNPB, Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Tengah (Jateng), Bergas C Penanggungan, Bupati Demak Eisti'anah, Forkopimda Kabupaten Kudus beserta jajaran dan Forkopimda Kabupaten Demak.
 
Pembahasan rapat mulai dari mekanisme koordinasi, logistik untuk pengungsi, pendataan, beserta pengamanan di area posko pengungsian. Pemkab Kudus dan Pemkab Demak sepakat untuk terus berkomunikasi demi kemudahan penanganan bencana banjir. (*)